Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo Fory Naway mengatakan akan memprioritaskan manajemen sumber daya manusia bagi perkembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Sumber daya manusia merupakan aset paling berharga dalam sebuah organisasi atau perusahaan," ucap Fory usai pelatihan bagi wirausaha di Gorontalo, Kamis.

Pengelolaan SDM yang efektif dan strategis kata dia menjadi kunci keberhasilan dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis. Manajemen SDM yang baik mencakup berbagai aspek, mulai dari perencanaan, rekrutmen, pelatihan, hingga kompensasi dan hubungan industri.

"Dengan penerapan manajemen SDM yang baik, perusahaan dapat meningkatkan produktivitas, inovasi, dan daya saing di pasar," jelas Fory.

Sebagai Ketua Dekranasda, ia mengaku sangat bersyukur melihat perkembangan UMKM di Kabupaten Gorontalo yang terus meningkat. Akan tetapi dia menyadari masih ada sebagian pelaku UMKM yang hanya mengandalkan bantuan pemerintah. Mereka kurang berupaya menjadi UMKM yang memiliki kemandirian usaha.

"Pemerintah selalu membuka ruang bagi pelaku usaha, tinggal bagaimana mereka menyikapi. Cari bolanya, jangan nunggu bola dilempar baru bergerak," ujar dia.

Ia mengatakan, Dekranasda Kabupaten Gorontalo senantiasa memberikan dukungan dan dorongan bagi perkembangan UMKM. Seperti memfasilitasi pelatihan-pelatihan bagi para pelaku UMKM, untuk mengembangkan usahanya. Termasuk mempromosikan dan produk mereka.

"Saya berharap para pelaku UMKM bisa mandiri secara total. Baik itu mandiri secara ekonomi, maupun mandiri dalam menjalankan usahanya. Mereka tidak lagi bergantung pada fasilitasi pihak lain," harap Fory.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024