Badan Pusat Statistik (BPS) menetapkan Desa Toto Utara, Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo menjadi Desa Cinta Statistik atau Desa Cantik tahun 2024.

Bupati Bone Bolango Merlan Uloli di Gorontalo, Kamis mengatakan tujuan dari Desa Cantik adalah untuk meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa/kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik.

Tujuan selanjutnya yaitu standardisasi pengelolaan data statistik untuk menjaga kualitas dan perbandingan indikator statistik, optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik, sehingga program pembangunan di desa atau kelurahan tepat sasaran, dan membentuk agen-agen statistik di wilayah itu.

"Kita tahu bersama bahwa desa sebagai subjek dan ujung tombak pembangunan Indonesia, sehingga desa masih menjadi objek dalam pengelolaan dan pemanfaatan data," ucap Merlan.

Ia menjelaskan, program Desa Cantik sesuai amanat Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang statistik, yaitu BPS bertanggung jawab melakukan pembinaan terhadap penyelenggaraan statistik.

Dengan pembinaan Desa Cantik tersebut diharapkan ada stimulus agar statistik di desa semakin baik, kapabilitas statistik desa meningkat, data statistik yang dikelola desa semakin berkualitas, pengambilan keputusan berdasar data sehingga pembangunan desa menjadi lebih tepat sasaran.

Bupati menuturkan perlu pembinaan statistik tingkat desa untuk menghasilkan data berkualitas langsung dari sumbernya.

Menurutnya, dukungan dari seluruh pihak dalam mensukseskan program Desa Cantik tahun 2024 di Desa Toto Utara tidak cukup dari BPS sebagai sektor unggulan dalam pengembangan statistik saja.

Program itu juga perlu dukungan dari pemerintah mulai dari pemerintah pusat, daerah hingga pemerintah desa serta masyarakat yang nantinya diharapkan dapat berjalan sukses dan pada gilirannya dapat memberikan sumbangsih terhadap Pembangunan Daerah Kabupaten Bone Bolango.

"Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, khususnya Bappeda, Dinas Pemdes, dan Dinas Kominfo harus mendukung penuh kegiatan Desa Cantik tahun 2024 sebagai kolaborasi data statistik antara BPS Bone Bolango dan Pemerintah Desa dalam meningkatkan koordinasi statistik sektoral khususnya peningkatan kualitas Desa Cantik," kata dia.


 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Desa Toto Utara jadi Desa Cinta Statistik di Bone Bolango

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024