Dua bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024 di Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo datang mendaftar di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Ketua KPU Bone Bolango Sutenty Lamuhu di Gorontalo, Selasa mengatakan dua bakal pasangan calon tersebut yakni Ishak Ntoma dan Usman Hulopi yang datang pada pukul 10.30 WITA, serta pasangan Amran Mustafa dan Irwan Mamesa yang datang pukul 13.30 WITA.

"Terhitung mulai 27 sampai 29 Agustus 2024, KPU telah membuka pendaftaran dimana hari ini ada dua pasangan yang sudah mengkonfirmasi dan telah datang mendaftar," kata Sutenty.

Ia mengatakan setelah dilakukan proses pemeriksaan oleh bagian teknik, dokumen pendaftaran dari kedua pasangan calon kepala daerah ini dinyatakan lengkap dan diterima.

Selanjutnya bagi pasangan calon yang telah dinyatakan lolos pada tahap pendaftaran, akan diberikan rekomendasi surat pengantar untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.

Para pasangan calon terlebih dahulu akan dilakukan pemeriksaan narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba) di kantor Badan Narkotika Nasional (BNN) Bone Bolango, serta pemeriksaan laboratorium di tempat yang telah ditunjuk.

Ia mengatakan setelah dilakukan rapat koordinasi, proses pemeriksaan kesehatan pasangan calon bupati dan wakil bupati akan dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Toto Kabila Kecamatan Tilongkabila.

Tahapan pendaftaran ini sebagaimana yang telah diatur dalam peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2024, yang mengatur tentang pencalonan kepala daerah, gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota.

"Ini adalah tahapan penting pada proses Pilkada Serentak 2024, dan Alhamdulillah proses pendaftaran dua pasangan calon bupati dan wakil bupati hari ini, berlangsung tertib, aman dan lancar," imbuhnya.***
Proses penyambutan pasangan calon yang melakukan pendaftaran pada Pilkada Serentak Tahun 2024 di Kantor KPU Kabupaten Bone Bolango, pada Selasa (27/8). (ANTARA/Zulkifli Polimengo)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024