Satu kontestan dinyatakan tidak hadir dalam kegiatan debat terbuka perdana pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gorontalo pada tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gorontalo Mario S. Nurkamiden di Gorontalo, Rabu mengatakan dalam debat perdana hari ini pihaknya telah mengundang seluruh kandidat, namun sampai acara dimulai dan berlangsung, salah satu pasangan calon tidak hadir.

"Dari pihak pasangan calon yang tidak hadir sampai saat ini, tidak pernah memberikan keterangan apapun kepada kami, dan ini tidak mengurangi khidmat dari debat terbuka yang kami selenggarakan hari ini," kata Mario.

Sebelumnya pada gladi bersih yang dilaksanakan pada Selasa (22/10) malam, kata dia, dihadiri oleh seluruh pasangan calon, yaitu nomor urut satu (1) Idris Rahim dan Andi Ilham, nomor urut dua (2) pasangan Ramli Anwar Ahmad dan Ana Supriana Abdul Hamid, dan nomor urut tiga (3) pasangan Adhan Dambea dan Indra Gobel, serta nomor urut empat (4) pasangan Ryan Kono dan Charles Budi Doku.

Dalam pelaksanaan debat tersebut, paslon nomor urut dua (2) pasangan Ramli Anwar Ahmad dan Ana Supriana Abdul Hamid, tidak hadir tanpa memberikan keterangan kepada pihak KPU Kota Gorontalo.

Ia mengatakan tidak hadirnya salah satu kandidat tersebut nantinya menjadi bahan evaluasi untuk disesuaikan dengan petunjuk teknis yang berlaku.

"Nantinya kita menyesuaikan dengan petunjuk teknis, apakah ketidakhadiran satu paslon ini mempunyai efek ke depan atau tidak," ujarnya.
 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024