Pelesiran ke Kota Surabaya rasanya tidak akan lengkap kalau tidak mencicipi kuliner menarik yang ada di Ibukota Jawa Timur ini. Ada beragam sajian kuliner enak dan menggugah selera yang seolah tidak ada habisnya di Kota Surabaya. Dan, tiga kuliner berikut sayang untuk dilewatkan:

1. Zangrandi
 
Kalau Semarang dan Malang punya Toko Oen, maka Surabaya juga memiliki restoran es krim yang tidak kalah legendaris, namanya Zangrandi. Restoran es krim legendaris ini didirikan oleh seorang Italia bernama Renato Zangrandi pada tahun 1930. Pada saat itu, restoran es krim ini menjadi tempat nongkrong noni-noni Belanda.

Saat ini, restoran Zangrandi menjelma menjadi kuliner es krim terfavorit di Kota Surabaya. Di tengah panas terik Kota Pahlawan, para pengunjung akan bisa mendinginkan suasana di tempat ini. Terlebih, Zangrandi yang berada di alamat Jl. Yos Sudarso 15, Surabaya ini juga menyuguhkan suasana klasik yang menarik.

Sajian es krim yang ditawarkan oleh Zangrandi memiliki tekstur yang jauh berbeda dengan es krim buatan pabrik. Dan, resep es krim di tempat ini merupakan resep es krim yang diturunkan secara turun temurun dari pemilik pertamanya, Renato. Harga es krim di sini bervariasi, mulai dari Rp12.000,00 hingga mencapai Rp295.000,00 bergantung rasa dan ukuran.

2. Kepiting Cak Gundul 1992

Kuliner berikutnya yang tidak bisa dilewatkan saat ke Surabaya adalah Kepting Cak Gundul 1992 yang beralamat di Jl. Raya Kupang Indah, Surabaya. Sajian kepiting yang ada di tempat ini sudah terkenal dan menjadi kuliner favorit masyarakat Surabaya. Bahkan, saat ini Kepiting Cak Gundul 1992 telah memiliki enam cabang, termasuk di antaranya ada di Yogyakarta, Semarang, dan Jakarta.
 
Kepiting yang digunakan sebagai bahan baku makanan di tempat ini, didatangkan dari Tarakan, Kalimantan Timur. Pihak restoran memberi jaminan, kepiting yang mereka gunakan berupa kepiting segar. Tidak heran, harga sajian kepiting yang ada di restoran ini cukup mahal, dengan banderol mulai dari Rp21.000,00 hingga Rp25.000,00 per 100 gram.
 
3. Nasi Cumi Jalan Waspada alias Nasi Cumi Pasar Atom

Nasi bebek, nasi ayam, nasi campur, ataupun nasi udang sudah menjadi sajian kuliner yang biasa. Bagaimana dengan nasi cumi? Itulah yang bisa Anda rasakan saat berkunjung ke Surabaya, tepatnya di warung Nasi Cumi Jalan Waspada atau yang juga dikenal dengan nama Nasi Cumi Pasar Atom.

Nama warung ini memang disematkan sesuai dengan lokasinya, terletak di Jalan Waspada dan berada di samping Pasar Atom. Namanya juga warung, jadi jangan berharap untuk melihat tempat makan yang mewah saat berkunjung ke sini. Bahkan, tempat ini merupakan sebuah warung pinggir jalan. Meski begitu, popularitas warung nasi cumi ini sudah terkenal dan banyak dikunjungi oleh para pelancong.

Dulu, warung nasi cumi ini hanya buka pada malam hari. Namun, karena popularitasnya yang terus meningkat, pemiliknya akhirnya berinisiatif untuk membuka warungnya lebih lama. Dan, saat ini Warung Nasi Cumi Jalan Waspada ini buka 24 jam. Jadi, Anda tidak perlu khawatir kehabisan saat ngebet merasakan kelezatan olahan cumi di sini.

Saat berkunjung ke Surabaya, Anda juga tidak perlu repot dengan masalah akomodasi. Airy Rooms telah menyediakan berbagai Hotel murah di Surabaya yang berkualitas. Untuk pemesanan kamar bisa dilakukan dengan mudah melalui website (www.airyrooms.com), ataupun aplikasi Android dan iOS. Setiap hotel yang ada di Airy Rooms dilengkapi fasilitas yang memadai, mulai pendingin ruangan/AC, Televisi layar datar, tempat tidur bersih, shower air hangat, air minum gratis, hinggaWiFi gratis.

Tertarik ke Surabaya untuk mencicipi kuliner-kuliner di atas? Jangan lupa pesan dulu hotelnya di Airy Rooms. Segera rencanakan perjalanan Anda!

Pewarta:

Editor : Pemasaran


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016