Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Kantor Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, menggelar wisata buku bagi anak sekolah dasar (SD), guna mempromosikan dan menumbuhkan budaya membaca sejak dini.

Kepala Kantor Perpusda Kabupaten Gorontalo, Yusron Humonggio, di Gorontalo, Rabu mengatakan, Wisata Buku merupakan salah satu bentuk promosi ideal untuk saat ini.

"Artinya, dengan buku anak-anak akan mengetahui bahwa banyak koleksi di perpustakaan kita, dan kita ingin mengajak mereka untuk membaca, menelaah dan meresume, dan didampingi oleh tim kami untuk melakukan kegiatan belajar sambil bermain," jelasnya.

Menurut Yusron, wisata buku adalah kegiatan belajar yang menyenangkan bagi siswa sekolah dasar dengan buku-buku yang terbaru yang dimiliki Perpusda kabupaten Gorontalo.

"Saat ini kami melakukan konsep wisata buku dua kali dalam seminggu, dan sangat diminati oleh sekolah-sekolah," ungkap Yusron Humonggio.

Dan Yusron menjelaskan bahwa wisata buku sangat mendukung kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di sekolah-sekolah yang saat ini melaksanakan gerakan literasi sekolah.

"Dengan gerakan literasi sekolah, wisata buku merupakan nuansa belajar lain yang dilakukan oleh para siswa di Perpusda kabupaten Gorontalo," lanjut Yusron.

Saat ini kata Yusron, wisata buku masih dilaksanakan bagi siswa sekolah dasar, dan untuk sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas pihaknya menyediakan "E-Learning Center".

"Wisata buku ini telah digelar sejak enam bulan lalu, dan didukung dengan berbagai properti yang ada, termasuk gedung baru milik Perpusda kabupaten Gorontalo, dan fasilitas kami juga sudah cukup memadai, sehingga upaya yang dilakukan dilakukan secara optimal dan berkelanjutan," tutupnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016