Goronalo, (ANTARA GORONTALO) - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo, mulai melakukan literasi ke sekolah-sekolah dengan mengajak siswa giat membaca buku.

Kepala Seksi Layanan dan Kerjasama Perpustakan, Yonarti Pikoli mengatakan, gerakan literasi bagi siswa itu dimulai dari Sekolah Dasar (SD) 02 dan 08 Kecamatan Popayato Barat.

"Seluruh sekolah dasar di 13 kecamatan akan kami datangi. Dan itu akan dilakukan secara bertahap," ungkapnya, Jumat.

Ia menjelaskan, tujuan dari gerakan ini adalah untuk meningkatkan minat baca anak-anak, sehingga mereka bisa menambah pengetahuan dengan membaca.

Program itu baru dimulai tahun 2017 ini dengan harapan akan terus berlanjut setiap saat, karena minat pelajar dalam membaca begitu besar di Kabupaten itu.

"Saat kami datang, murid-murid sana begitu antusias memilih buku yang mereka sukai. Dan itu terus kami manfaatkan untuk menambah pengetahuan mereka," katanya.

Tidak hanya murid, para guru juga ikut terlibat dalam membaca. Karena perpustakaan yang datang menggunakan mobil keliling, menyediakan buku-buku umum.

Ia menambahkan, agenda itu tidak berhenti di tingkat SD, DPK akan terus melanjutkan program itu hingga ke SMP dan juga SMA sederajat.

"Karena mereka juga membutuhkan buku bacaan. Kami harap program ini mendapat dukungan dari orang tua siswa dan para guru di sekolah," katanya.

Pewarta: Febriandy Abidin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017