Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Asisten Deputi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Kementerian BUMN, Indriani Widiastuti, mengatakan adanya bantuan elektrifikasi secara gratis bagi warga kurang mampu, diharapkan bisa menambah produktifitas masyarakat.

Ia menjelaskan, lewat program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) tahun 2018, kementerian BUMN telah menugaskan semua BUMN di seluruh provinsi di Indonesia, untuk lakukan penyambungan listrik gratis bagi warga kurang mampu.

"Tahun 2018 ini kita utamakan kebutuhan dasar masyarakat, berbeda memang dengan beberapa tahun sebelumnya," kata Indriani usai secara simbolis membagikan bantuan tersebut di upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 di Provinsi Gorontalo, Jumat.

Sejak tahun 2015-2017, BUMN dengan salah satu kegiatan sosialnya yaitu bedah rumah bagi veteran. Kemudian dilanjutkan dengan program kebutuhan dasar masyarakat lainnya seperti, listrik gratis, air bersih dan pengadaan MCK.

"Mereka (Veteran) merasakan dampak dari program BHUN ini, dan merasakan bahwa negara itu hadir dan memperhatikan mereka," ujarnya didampingi Dirut Jamkrindo Randi Anto, dan direktur SDM dan Hukum Pertanahan Perumnas, Mukhlis Abas yang menjadi pelaksana di Gorontalo.

Terhadap perimintaan penambahan elektrifikasi gratis bagi warga kurang mampu khususnya di wilayah 3T, lanjut Indriani bahwa, pihak BUMN melalui PLN dan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), sudah melakukan pemetaan.

"Ini diharapkan juga mampu mengurangi angka kemiskinan, dengan target rasio elektrifikasi yang tinggi," imbuhnya.

Khusus untuk Gorontalo, tahun ini BUMN akan melakukan pemasangan listrik gratis bagi 50 rumah tangga kurang mampu, di Kabupaten Bone Bolango.
Penyerahan bantuan elektrifikasi program BUMN Hadir Untuk Negeri di Gorontalo


Baca juga: BUMN Bentangkan Merah Putih 45 Meter
Baca juga: BUMN Hadir - SMN Kunjungi Obyek Wisata Sejarah Benteng Otanaha
Baca juga: BUMN Hadir - SMN Kenali Jejak Sejarah Soekarno Di Gorontalo

 

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018