Bupati Gorontalo Utara (Gorut), Provinsi Gorontalo, Indra Yasin, berharap agar keberadaan Komando Distrik Militer (Kodim) 1314 di wilayah teritorial itu, termasuk di Kabupaten Gorontalo, agar dipublikasi hingga  pelosok wilayah.

"Seluruh masyarakat di dua daerah binaan teritorial Kodim 1314, perlu mengetahui keberadaan satuan ini, sebab dukungan menyeluruh perlu diperoleh dalam rangka mendukung kinerja jajaran TNI Angkatan Darat di seluruh wilayah hingga pelosok," ujarnya usai menyerahkan satu unit kendaraan operasional untuk Kodim 1314 melalui Danrem 133/Nani Wartabone Kolonel Czi Arnold AP Ritiauw, di Gorontalo, Selasa.

Indra mengatakan pemerintah daerah masih akan menyiapkan lahan untuk pembangunan pos Koramil mengingat khusus di wilayah teritorial Gorontalo Utara, baru memiliki tiga Koramil, yaitu Koramil Atinggola, Kwandang dan Sumalata.

"Khusus di wilayah perbatasan bagian barat juga perlu segera memiliki pos Koramil dalam mendukung keamanan di Kecamatan Tolinggula yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sulawesi Tengah. Idealnya satu kecamatan memiliki satu pos Koramil.," ujarnya.
 
Dia mengatakan apalagi  khusus Gorontalo Utara terdiri dari 11 kecamatan dengan jangkauan wilayah yang cukup jauh antara satu kecamatan dan  kecamatan lainnya.

Ia mengakui keberadaan Kodim 1314 Gorontalo Utara sangat disyukuri pemerintah daerah, mengingat kabupaten itu ada di teras depan Indonesia di wilayah utara Provinsi Gorontalo, yang juga berbatasan langsung dengan beberapa negara, karenanya kekuatan pertahanan keamanan perlu didukung satuan-satuan yang lengkap dan personel memadai.

"Pemerintah daerah memastikan akan memberikan dukungan khususnya lahan untuk pembangunan pos Koramil dan dukungan lain yang diperlukan," ucapnya.

Sementara itu, Danrem 133/Nani Wartabone Kolonel Czi Arnold AP Ritiauw mengatakan, lokasi Kodim 1314 Gorontalo Utara sangat strategis, sebab di depannya ada gunung, di bagian belakang terdapat laut.

"Lokasi ini lebih strategis dibanding Kodim lainnya yang ada di Gorontalo, ditambah lagi sangat berdekatan dengan lokasi perkantoran yang diyakini akan mendukung sinergitas antara pemerintah daerah dan TNI," katanya.

Ia berharap, seluruh jajarannya khususnya yang bertugas di markas Kodim 1314, segera berbaur dengan masyarakat setempat, untuk meningkatkan kinerja TNI sebagai aparat pengamanan kewilayahan.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019