Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, akan terus meningkatkan kerja sama di wilayah pesisir utara tersebut, kata Wakil Bupati Thariq Modanggu, di Gorontalo, Jumat.

Menurut dia, kerja sama antara seluruh pihak yang ada di wilayah pesisir utara, selama ini terjalin dengan baik maka perlu ditingkatkan, khususnya dalam bentuk kegiatan sosial dan ekonomi, sebagaimana arahan Menko Polhukam Mahfud MD dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, selaku kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPB).

Pada Rakornas Pengamanan Perbatasan Negara tahun 2020, yang digelar 11 Maret 2020, Wabup mengatakan pemerintah kabupaten tersebut senantiasa menjaga komitmennya dalam meningkatkan pengawasan sebagai daerah perbatasan strategis nasional.

Pengawasan dilakukan secara holistik atau menyeluruh baik di darat maupun laut, antaranya dengan mengintegrasikan dan mensinergikan program-program nasional di daerah.

"Kita berkomitmen dalam melakukan pengawasan melekat, termasuk fokus mengembangkan sektor perekonomian di wilayah pesisir, melalui kerja sama utara-utara yang dibangun dengan pemerintah kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Provinsi Sulawesi Utara dan Buol, Provinsi Sulawesi Tengah," ucap Wabup.

Kekuatan kerja sama tersebut, diyakini mampu mempertegas komitmen bersama dalam menjaga wilayah perbatasan, tidak hanya dari sisi pertahanan dan keamanannya, namun dari sektor perekonomian untuk mewujudkan daerah-daerah pesisir yang tangguh, kuat dan produktif dalam mendukung pengamanan batas-batas wilayah Indonesia baik di darat maupun laut.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020