Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Gorontalo melakukan uji terap adaptasi bawang putih varietas Lumbu Hijau di dataran rendah di Desa Balahu, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo.

Kepala BPTP Gorontalo, Amin Nur, di Gorontalo, Sabtu, mengatakan uji tersebut dilakukan kerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo.

"Penanaman benih bawang putih di tanah di lahan 'integrated farming system' Cendekia, Desa Balahu, Kecamatan Tibawa," ujarnya.

Ia menjelaskan, uji terap pengembangan varietas bawang putih di dataran rendah itu dilakukan di lokasi yang representatif dan adanya dukungan dari pemerintah setempat.

"Tujuannya untuk melihat bagaimana respon bawang putih ini terhadap lingkungan. Karena kita tahu memang bawang putih mempunyai adaptasi di daerah dataran menengah dan tinggi, lingkungan yang dingin," ungkapnya.

Kajian-kajian ini ke depannya kata Amin, ketika pihaknya mendapatkan sumber benih yang toleran terhadap dataran rendah, akan dijadikan indukan untuk dikembangkan lebih lanjut.

Tidak hanya melakukan uji terap di dataran rendah, Amin mengungkapkan, BPTP Gorontalo juga melakukan uji terap di dataran menengah dan tinggi di Gorontalo.

Sementara itu, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo menilai peran Badan Pengkajian Teknologi Pertanian sangat penting. 

Pasalnya berdasarkan riset, data-data yang akurat dan teknologi yang dikembangkan BPTP Gorontalo, pengembangan pertanian dapat dilakukan dengan tepat dan benar. Sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan petani.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021