Polda Gorontalo menggelar Operasi Zebra Otanaha 2021 dalam rangka mewujudkan keselamatan lalu lintas jelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 dan mencegah penyebaran COVID-19.

Kapolda Gorontalo, Irjen Pol Akhmad Wiyagus di Gorontalo, Senin, mengatakan permasalahan di bidang lalu lintas, dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis.

"Hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk, yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi segala kebutuhan hidupnya." ujarnya.

Namun hal tersebut menurut Kapolda tidak diimbangi dengan peningkatan kesadaran masyarakat terhadap tata tertib dalam berlalu lintas.

Ia mengungkapkan, saat ini kita masih berada di dalam masa pandemi COVID-19. Walaupun memang tingkat penyebarannya sudah mulai menurun, namun tidak menutup kemungkinan akan terjadi peningkatan kembali jika tidak melakukan upaya yang maksimal khususnya di dalam bidang pencegahan.

"Guna meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas maupun kedisiplinan terhadap penerapan protokol kesehatan dimasa pandemi COVID-19, maka Polda Gorontalo beserta polres jajaran menggelar operasi Zebra Otanaha tahun 2021 selama 14 hari," ungkapnya.

Operasi tersebut dimulai pada tanggal 15 hingga 28 November 2021 dan dilaksanakan dengan mengedepankan kegiatan edukatif, persuasif, simpatik dan humanis.

Kapolda menjelaskan, tujuan dilaksanakannya operasi itu untuk terwujudnya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas, meningkatkan ketertiban dan kepatuhan serta disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta berkurangnya tempat penyebaran COVID- 19.

"Kita harapkan dengan adanya operasi ini masyarakat akan semakin sadar tentang pentingnya disiplin dalam berlalu lintas serta disiplin dalam penerapan protokol kesehatan saat beraktivitas sehari-hari, agar terhindar dari penularan COVID-19," pungkasnya.

 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021