Kantor Bahasa Provinsi Gorontalo merayakan puncak peringatan Bulan Literasi di Gedung Bele Li Mbui Kota Gorontalo, Kamis.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Gorontalo Armiyati Rasyid di Gorontalo, Kamis, menjelaskan rangkaian peringatan ini kolaborasi dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, serta Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Provinsi Gorontalo.

“Kami menggelar pekan pembaca dan penulis yang digelar selama empat hari mulai Senin sampai Kamis minggu ini. Juga ada diskusi tentang H.B. Jassin dan literasi, diskusi dunia penulis dan pembaca di Gorontalo, serta sastra digital dan pembajakan buku,” ujarnya.

Kantor Bahasa Provinsi Gorontalo juga membekali para pelajar, mahasiswa, dan penulis muda di daerah itu dengan pelatihan menulis cerita pendek, penulisan karya tulis ilmiah, penyuntingan naskah, dan diskusi dunia penulis.

“Pekan penulis dan pembaca ini merupakan komitmen Kantor Bahasa dalam menyemarakkan Bulan Literasi Provinsi Gorontalo. Komitmen ini juga dibangun bersama UPT dan satuan kerja Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi,” kata Armiyati.

Ia mengungkapkan kegiatan tersebut bagian dari salah satu program prioritas Badan Bahasa, antara lain program literasi, pemerkayaan kosa kata, dan pembinaan bahasa hukum.

Pekan literasi menargetkan munculnya banyak penulis dan pahlawan literasi Gorontalo.

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan penyerahan penghargaan Wajah Bahasa Lembaga, penghargaan sayembara penulisan cerita anak berbahasa Gorontalo, penghargaan 15 penulis muda, peluncuran buku terbitan kantor bahasa, peluncuran kamus bergambar Gorontalo-Indonesia.

Ia berharap, semua pegiat literasi mampu menghadirkan inovasi di lingkungan masing-masing.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022