Bupati Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Thariq Modanggu mendukung perkembangan usaha ayam potong skala usaha mikro kecil menengah (UMKM) di daerah itu.

"Saya bangga bisa melihat langsung usaha yang dirintis masyarakat apalagi para pemuda desa, seperti usaha ayam potong yang dilakoni warga Imana, Yuspanto Mursali ini," kata Thariq di Gorontalo, Kamis.

Thariq Modanggu mengunjungi langsung usaha ayam potong di Desa Imana Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara.

Usaha itu dirintis pelakunya mulai dari modal kecil, namun ia mampu membaca peluang pasar yang luas sehingga usaha tersebut dapat berkembang.

Olehnya, kata Bupati Thariq, pemerintah daerah wajib hadir memberi dukungan. "Saya pun menyempatkan waktu meninjau langsung usaha ini," katanya.

Secara teknis, kata dia, pengembangan UMKM merupakan tanggung jawab Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan UMKM. Instansi ini diberi tugas untuk mendata dan melakukan pendampingan terhadap usaha-usaha yang dilakoni masyarakat dengan serius dan fokus, di antaranya usaha ayam potong.

"Saya meminta instansi teknis mendata seluruh unit usaha kecil seperti ini. Kita beri perhatian melalui program pendampingan dan bantuan modal usaha," katanya lagi.

Apalagi banyak usaha warung makan di sepanjang lintas Sulawesi, sehingga hubungan mutualisme diyakini dapat saling menunjang usaha yang dilakoni masyarakat.

Artinya, peluang pasar dari usaha ayam potong ini di tingkat lokal saja sangat besar, apalagi jika dikembangkan lebih baik lagi untuk menangkap permintaan pasar dari daerah tetangga.

"Pemerintah daerah mendukung aktivitas ini. Semoga bisa maju dan berkembang pesat, membuka lapangan pekerjaan baru, serta saling mendorong kesejahteraan masyarakat khususnya di Desa Imana dan sekitarnya," imbuhnya.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023