Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Gorontalo Utara, resmi mengajukan daftar bakal calon anggota legislatif (bacaleg) DPRD Kabupaten untuk pemilihan umum (pemilu) 2024, diwarnai politisi baru mantan birokrat dan politisi pindah partai.

"Dalam daftar bacaleg PKS, beberapa nama memang merupakan kader partai lain yang memilih pindah di PKS. Juga mantan mantan pejabat daerah yang telah purna bakti. Mungkin mereka menilai melalui PKS, besar peluang meraih kursi di DPRD Kabupaten. Setiap orang berhak berhitung, ingin meraih kursi dan membesarkan partai. Ini lumrah terjadi dalam memenangkan pemilu," kata Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKS Gorontalo Utara Gustam Ismail di Gorontalo, Jumat.

Beberapa wajah yang menarik perhatian publik di kabupaten itu, seperti Herman Adam yang menjabat Sekretaris DPD II PAN Gorontalo Utara, kini memilih menjadi bacaleg PKS dari daerah pemilihan II Tomilito dan Ponelo Kepulauan. Juga Ramdan Tanaiyo, pengurus DPD NasDem Gorontalo Utara, salah satu pengumpul suara terbaik partai itu pada pemilu 2019. Kini bergabung dengan PKS sebagai bacaleg daerah pemilihan I Kwandang.

Bacaleg lainnya, adalah birokrat purna bakti. Diantaranya, Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Tahir Datau dan sejumlah mantan birokrat lainnya.

"Kami tidak menutup peluang bagi siapa saja yang ingin bergabung bersama ikut membesarkan partai. Juga mempersilahkan kader jika ingin pindah partai lain," katanya.

PKS menargetkan minimal 1 kursi di setiap daerah pemilihan dalam pemilu 2024. "Pemilu 2019, kita baru berhasil meraih 1 kursi DPRD Kabupaten. Semoga pemilu 2024, minimal 1 kursi berhasil di raih di setiap dapil. Artinya ada 6 kursi hasil pemilu 2024 ditargetkan mampu diraih," kata anggota DPRD kabupaten ini.

Ia berharap, pemilu 2024 menjadi sarana integrasi bangsa seperti yang disosialisasikan pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dan PKS siap mewujudkan pemilu jujur, adil, berkualitas dan bebas politik uang.

Ia berharap pula, seluruh partai politik dapat bersaing sehat dan berkomitmen mencegah politik uang yang sangat mencederai harkat dan martabat bangsa dalam mewujudkan demokrasi berintegritas.

Ketua Divisi Teknis dan Penyelenggaraan KPU Gorontalo Utara Gandhi Akase M.Tapu mengatakan, PKS datang mengajukan daftar bacaleg 100 persen lengkap dokumen, serta dipastikan kuota perempuan terpenuhi.

Pihaknya berharap, partai lain yang belum mengajukan segera memenuhi tahapan ini, memanfaatkan waktu yang tersisa hingga 14 Mei 2023, pukul 23.59 WITA.

Pengajuan daftar bacaleg tersebut, dipimpin langsung Ketua DPD PKS Gorontalo Utara, Windra Lagarusu.***
Pengurus DPD PKS Gorontalo Utara, usai melakukan pengajuan daftar bacaleg pemilu 2024 di KPU Kabupaten. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023