Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu mengimbau warga di daerah itu untuk rajin mengecek instalasi listrik di rumah masing-masing sebagai upaya mencegah terjadinya kebakaran.

"Instalasi listrik perlu diperhatikan sebab acapkali menjadi penyebab terjadinya kebakaran rumah," kata bupati, di Gorontalo, Kamis.

Ia segera menurunkan tim terpadu untuk pengecekan instalasi listrik di rumah rumah penduduk sebagai upaya pencegahan kebakaran di permukiman warga.

"Pengecekan akan dilakukan di setiap rumah untuk mengetahui kondisi instalasi listrik. Kita cegah hubungan arus pendek (korsleting) dengan pengecekan instalasi yang akan dilakukan bersama oleh tim terpadu pemerintah daerah," katanya.

Sosialisasi pencegahan, penanganan saat dan pasca kegiatan pun akan dilakukan sebagai upaya mencegah insiden kebakaran rumah.

Insiden kebakaran rumah kata bupati pula, menjadi atensi pemerintah daerah apalagi cuaca panas ekstrem saat ini berpotensi menimbulkan kebakaran.

Kita berdoa bersama agar cuaca ekstrem yang melanda saat ini tidak berdampak buruk apalagi menyebabkan kebakaran yang sulit diatasi sebab bersamaan dengan potensi kekeringan air.

Upaya mencegah kebakaran luas, baik pemukiman, hutan dan lahan menjadi perhatian penting untuk dapat dicegah.

Ia juga mengimbau warga di 11 kecamatan agar tidak membakar lahan tanpa pengawasan.

"Mohon tidak membuka lahan pertanian dengan cara membakar sebab sangat beresiko," katanya.

Kegiatan menjaga dan menyelamatkan lingkungan ia harapkan menjadi tugas bersama seluruh pihak, khususnya masyarakat.

Ia mengatakan, telah mengundang pihak pengelola air bersih daerah atau PUDAM untuk mengetahui gambaran terkait langkah penanggulangan kekeringan air. Bagaimana distribusi air bersih, kesiapan peralatan penunjang, penyiapan tong tong air di daerah rawan air bersih seperti di wilayah Kecamayan Ponelo Kepulauan, beberapa titik potensi di Desa Pontolo dan Botuwombato Kecamatan Kwandang dan beberapa wilayah potensi lain.

"Pemerintah daerah menyiapkan daya dukung baik tim terpadu, SDM, peralatan maupun perencanaan matang menghadapi dampak elnino dan kekeringan air," imbuhnya. ***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023