Plt Bupati Bone Bolango Merlan S Uloli menyebut peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 tahun 2023 menjadi momentum untuk membangun kesadaran masyarakat betapa pentingnya kesehatan.

"Sehingga mampu mendorong promosi gaya hidup sehat dan melalui kolaborasi lintas sektor dalam mewujudkan Indonesia yang lebih sehat," kata Merlan pada peringatan HKN di Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Senin.

Merlan mengatakan, menjaga kesehatan sangat penting dan harus dilakukan secara konsisten. Oleh karena itu, momentum peringatan Hari Kesehatan Nasional untuk terus mengedukasi masyarakat pentingnya menjaga kesehatan.

"Selain dengan melakukan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), kesehatan juga bisa dilakukan dengan tindakan preventif dan promotif," kata Plt. Bupati Merlan S. Uloli.

Merlan menambahkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI berkomitmen untuk memperbaiki sistem kesehatan di Indonesia sebagai persiapan menghadapi ancaman kesehatan tak terduga ke depan. Dengan mewujudkan masyarakat yang sehat, produktif, mandiri dan berkeadilan.

Ia menyampaikan, terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap insan kesehatan yang telah bahu-membahu berjuang tanpa mengenal lelah dalam melaksanakan pembangunan kesehatan Indonesia, khususnya di Kabupaten Bone Bolango.

"Perjuangan kita masih panjang," ucap Merlan.

Merlan berharap kepada seluruh insan kesehatan untuk tiga hal, pertama terus mendorong terbangunnya gerakan masyarakat hidup bersih dan sehat, melalui konsumsi makanan bergizi seimbang, melakukan aktifitas fisik setiap hari, dan mencuci tangan dengan sabun.

Hal yang kedua, terus mendorong masyarakat untuk memeriksakan kesehatannya secara rutin, baik pemeriksaan ibu hamil, pemantauan tumbuh kembang balita, imunisasi, pemeriksaan penyakit-penyakit sesuai siklus hidup. Ketiga, terus mengembangkan diri dan organisasi dalam kompetensi dan memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat.

"Ayo lakukan transformasi kesehatan di Bone Bolango maju dua kali lebih baik sebagai upaya kita dalam mewujudkan bangsa Indonesia, khususnya daerah kita Bone Bolango yang sehat sejahtera," kata dia.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023