Penertiban alat peraga kampanye (APK) Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2024 di Wilayah pesisir Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo telah tuntas dilakukan.

"Meski cuaca tidak bersahabat karena hujan deras dan angin kencang melanda sebagian besar wilayah ini, namun penertiban APK yang dilakukan sejak pukul 00.00 WITA hari ini pada 11 Februari 2024 dipastikan berlangsung aman dan lancar," kata Ketua Bawaslu Gorontalo Utara Ronald Ismail di Gorontalo, Minggu.

Ia mengatakan pembersihan APK sempat mengalami penundaan karena terhalang cuaca namun saat ini berdasarkan laporan Panwas Kecamatan, seluruhnya telah tuntas dilakukan.

"Kami sempat melaporkan kondisi ini pada pertemuan yang dilakukan bersama Penjabat Gubernur Gorontalo dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dalam peninjauan kesiapan pelaksanaan Pemilu di Wilayah pesisir ini," katanya.

Ia memastikan tidak ada lagi APK yang terpampang di area publik.

Namun begitu, jika masih ada yang luput dari pengawasan, pihaknya, kata Ronald berharap agar masyarakat dapat menyampaikan untuk segera ditindaklanjuti.

Ronald mengatakan pihaknya membagi tim pembersihan APK yang dilakukan dari Wilayah barat kabupaten tersebut mulai dari Kecamatan Anggrek, Monano, Sumalata Timur, Sumalata, Biau hingga Tolinggula. Sedangkan di Wilayah timur dimulai dari Kecamatan Tomilito, Gentuma hingga Atinggola.

Pembersihan APK juga dilakukan di pusat ibu kota kabupaten di Kecamatan Kwandang, hingga di Kecamatan Ponelo Kepulauan.

"Pembersihan dilakukan untuk APK yang belum dibersihkan secara mandiri. Sebab banyak juga pemilik baliho maupun APK lainnya, telah menertibkan secara mandiri. Kondisi ini tentu sangat membantu," katanya.

Ia memastikan penertiban APK akan terus dilakukan hingga H-1 hari pemungutan suara. Meski dapat dipastikan seluruhnya tuntas hari ini (Minggu malam).

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024