Wilayah Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo mulai melakukan panen raya beras ditandai dengan pemotongan padi varietas Cakrabuana oleh Penjabat Bupati Sila Botutihe di Desa Posso Kecamatan Kwandang.

"Kita bersyukur panen raya mulai berlangsung. Panen beras di daerah ini dilakukan pada pertengahan Maret hingga akhir April nanti. Saya telah menandai panen raya di Desa Posso yang merupakan areal perkenalan (display) 10 varietas padi baru," kata Sila di Gorontalo, Kamis.

Ia mengajak seluruh masyarakat untuk berdoa agar curah hujan tinggi yang terjadi sejak Rabu sore (6/3) hingga saat ini segera redah agar tidak mengganggu kegiatan panen raya oleh seluruh petani tersebar di 11 kecamatan.

Panen raya tersebut kata Penjabat Bupati, termasuk menandakan bahwa stok beras di daerah itu selama bulan puasa Ramadhan hingga Idul Fitri nanti dipastikan aman.

"Kita bersyukur panen raya ini menandakan stok beras aman. Namun saya meminta agar masyarakat tidak khawatir pada ketersediaan pasar, juga diimbau untuk tidak melakukan aksi borong memasuki bulan Ramadhan agar stabilitas harga beras tetap terjaga," katanya.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Perkebunan dan Hortikultura Gorontalo Utara Asrin Menu mengatakan padi varietas Cakrabuana merupakan jenis padi unggulan dengan umur panen tidak lebih dari 80 hari.

Saat ini padi yang sementara tertanam mencapai 3.858 hektare diperkirakan siap panen pada Juni nanti. Sedangkan padi siap panen pada Maret hingga April nanti mencapai 1.900 hektare.

Produksi padi sawah di daerah itu mencapai 7,5 ton per hektare. "Dengan penggunaan varietas unggul, ditargetkan rata-rata produksi padi sawah di daerah ini bisa mencapai 8,5 hingga 9,5 ton per hektare," kata Asrin.

Panen raya dihadiri Kepala Bank Indonesia Perwakilan Gorontalo Taufik Hidayat, Dandim 1314 Letkol Inf. Rainer D.R. Wajong, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo Muljadi Mario, kelompok tani Kecamatan Kwandang, serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat.***
Penjabat Bupati Gorontalo Utara Sila Botutihe bersama Kepala Bank Indonesia Perwakilan Gorontalo Taufik Hidayat, Dandim 1314 Letkol Inf. Rainer D.R. Wajong, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo Muljadi Mario, kelompok tani Kecamatan Kwandang, serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat, melakukan panen raya padi varietas Cakrabuana di Desa Posso Kecamatan Kwandang, pada Kamis (7/3). (ANTARA/HO-Humas Pemkab Gorontalo Utara)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024