Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengingatkan kepada penyelenggara Pemilu akan pentingnya edukasi dan sosialisasi dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2024.

"Partisipasi rakyat harus terus ditingkatkan. Sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat sangat penting agar mereka memahami pentingnya pemilu dan hak mereka dalam menentukan masa depan daerah ini," ucap Nelson di Gorontalo, Sabtu.

Nelson juga mengingatkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU), bahwa Pemilu adalah tugas negara yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Menurutnya, pesta demokrasi adalah proses penting dalam melahirkan pemimpin yang akan menentukan masa depan Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo selama lima tahun ke depan.

Nelson Pomalingo menyampaikan rasa bangga kepada Bawaslu dan KPU Kabupaten Gorontalo. Dia menegaskan bahwa meskipun tugas yang diemban oleh mereka cukup berat, para anggota yang mayoritas adalah anak-anak muda itu, menunjukkan tanggung jawab yang tinggi.

"Saya bangga dengan Bawaslu dan KPU atas kerja keras mereka sebagai pelaksana. Pada pemilihan legislatif dan Presiden sebelumnya, Kabupaten Gorontalo berhasil melaksanakan dengan sukses. Ini adalah prestasi yang patut dibanggakan," ujar bupati.

Kepada anggota panitia pengawas Pemilu yang baru dilantik, Ia berharap mereka dapat menjalankan tugasnya dengan baik, dan menjaga integritas dalam setiap langkahnya. Dia juga mengingatkan bahwa pelanggaran terhadap aturan Pemilu dapat berakibat pada sanksi moral, administratif, bahkan tindak pidana.

"Jalankan tugas dengan baik, jaga integritas, dan pahami aturan. Pelanggaran terhadap aturan pemilu dapat berakibat sanksi moral, administratif, bahkan tindak pidana. Saya yakin dan percaya semua bisa melaksanakan tugas dengan baik," kata dia.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024