Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo akan merekrut  Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk pemungutan suara ulang pada pemilu 2024 khusus daerah pemilihan (dapil) Gorontalo enam (VI) DPRD Provinsi Gorontalo di Kabupaten Boalemo dan Pohuwato.

Komisioner KPU Provinsi Gorontalo Hendrik Imran di Gorontalo, Kamis mengatakan pendaftaran KPPS akan dibuka kembali. Namun akan memprioritaskan KPPS yang telah bertugas pada 14 Februari 2024.

"Jika ada petugas KPPS yang sudah tidak mau atau ada alasan lain maka bisa dilakukan penggantian melalui perekrutan ulang," katanya.

Terkait pengadaan dan pendistribusian logistik pemungutan dan penghitungan suara pada PSU akan dilakukan setelah pengumuman daftar calon tetap (DCT).

Pada tanggal 1 Juli 2024 akan dilakukan validasi surat suara yang akan dicetak. "Kami (KPU) akan mengundang seluruh partai politik untuk validasi tersebut," katanya.

Sementara untuk tahapan pencetakan surat suara, sampul, formulir, stiker dan penyiapan kotak suara akan dilakukan pada 1 hingga 12 Juli 2024.*

Pewarta: Susanti Sako/Lifka Ismail

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024