Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo memperpanjang kerja sama dengan Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara dan Gorontalo (Bank SulutGo).

"Kita kembali memberi kepercayaan kepada Bank SulutGo untuk menjadi pengelola Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) untuk mengelola seluruh anggaran Pemerintah Provinsi Gorontalo," kata Kepala Badan Keuangan Provinsi Gorontalo Sukril Gobel di Gorontalo, Kamis.

Ia mengatakan perpanjangan kerja sama tersebut telah dilaksanakan melalui penandatanganan MoU antara Penjabat Gubernur Rudy Salahuddin dengan Direktur Operasional Bank SulutGo Louisa J. Parengkuan yang berlangsung di kantor cabang BSG di Jakarta Pusat.

Kerja sama tersebut telah memiliki rekomendasi dari BPK RI.

Sukril mengatakan alasan kerja sama karena memang Pemprov Gorontalo adalah salah satu pemegang saham dari bank milik daerah itu.

Jadi sudah lima tahun perjanjian kerja sama sebelumnya dan sudah selesai, sehingga ini diperpanjang lagi.

Artinya dengan penandatanganan ini pengelolaan keuangan Pemprov Gorontalo kembali dipercayakan kepada BSG. Baik pajak daerah maupun belanja itu, seluruhnya dikelola oleh BSG.

Pemprov berharap perpanjangan kerja sama ini kata Sukril, pengelolaan keuangan khususnya pengelolaan kas dapat lebih baik dan ditingkatkan lagi oleh BSG untuk Pemprov Gorontalo.

Meskipun sejauh ini BSG dinilai telah melakukan inovasi-inovasi baru terkait pelayanan.

"Jadi diharapkan meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. Seperti kata pak gubernur bahwa amanah ini terus menjadi modal bagi Bank SulutGo guna terus menopang pembangunan di Provinsi Gorontalo. Sesuai dengan tujuan bank pembangunan daerah untuk eksis di daerah masing-masing," katanya.

Penandatanganan MoU itu turut dihadiri Kakanwil Gorontalo Sjahron Botutihe, pimpinan BSG cabang Gorontalo Frida Pakaya dan pimpinan BSG cabang Jakarta Marini Giroth, serta beberapa pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemprov Gorontalo.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024