Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) yang dicanangkan Pemerintah Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, mendapat dukungan penuh pemeritah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera).

Dirjen Cipta Karya kementerian PU-Pera, Rina Farida yang melihat langsung di tiga lokasi untuk dilaksanakan program Kotaku, merasa yakin bisa terwujud karena dukungan masyarakat begitu besar.

"Jika ada situasi yang membutuhkan penanganan khusus, seperti menangani limbah dan sampah yang begitu besar, maka kami akan menurunkan program untuk menangani masalah tersebut," katanya, Senin.

Dengan begitu ia berharap program Kotaku bisa segera diselesaikan pemerintah Kota Gorontalo, agar daerah itu secepatnya bisa bebas dari kawasan kumuh.

Ia juga mengatakan, pemerintah pusat telah menargetkan tahun 2019 warganya bisa mendapatkan pelayanan air bersih, sanitasi dan tentu distribusi terbesar dari kawasan kumuh.

"Melalui Program 100 nol 100, kami akan merealisasikan program tersebut. 100 nol 100 adalah program 100 air bersih nol kawasan kumuh dan 100 sanitasi," katanya.

Dukungan program Kotaku juga datang dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Gorontalo.

Ketua DPRD Fendriyanto Koniyo mengatakan siap mendukung lewat anggaran, agar program ini benar-benar tepat sasaran dan meningkatkan kesejahteraan warga

Semua itu untuk meningkatkan kualitas program dari pemerintah agar masyarakat bisa mendapatkan tempat tinggal dan lingkungan layak huni.

"Anggaran tidak ada masalah, justru program seperti ini yang kami inginkan. Kami hanya berharap agar pemerintah bisa cepat dalam membangun program Kotaku," tutupnya.

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2017