Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) - Dicalonkan gabungan parpol sebagai bakal Calon Wakil Bupati pada Pilkada 2018, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo Utara, Ismail Patamani, menyatakan siap mundur dari jabatannya dan statusnya Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Saya dicalonkan Partai Demokrat dan Hanura untuk berpasangan dengan bakal Calon Bupati Roni Imran yang masih menjabat Wakil Bupati periode 2013-2018, pada Pilkada 2018 ini," ujar Patamani, Sabtu di Gorontalo.

Ia mengaku, statusnya sebagai ASN resmi berakhir hingga nanti ada ketetapan hukum setelah pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat selaku penyelenggara Pilkada 2018, menetapkannya sebagai Calon Wakil Bupati.

Namun pengunduran dirinya sementara berproses, termasuk telah mempersiapkan seluruh dokumen administrasi terkait pengunduran diri selaku ASN yang menjabat Sekretaris Daerah.

"Saya akan taat dan memegang aturan dan perundang-undangan yang berlaku sebagai ASN," ujarnya.

Baca Juga : Roni-Ismail Kantongi SK Demokrat-Hanura

Merujuk pada Undang-undang (UU) nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Ditambah Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 15 tahun 2017, tentang perubahan atas PKPU nomor 3 tahun 2017 tentang pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

"Terkait pengunduran diri saya, sudah dikonsultasikan langsung ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN dan RB) RI, agar seluruh proses yang akan dilewati sebelum mendaftarkan diri hingga nanti ditetapkan sebagai Calon Wakil Bupati, tepat sesuai prosedur hukum dan aturan yang berlaku," ujarnya.

Selaku birokrat, Patamani merupakan pejabat senior di pemerintahan daerah tersebut bergolongan IVD dan telah menjabat Sekretaris Daerah sejak tahun 2008.

Ismail Patamani dicalonkan sebagai bakal Calon Wakil Bupati, oleh dua parpol pemilik kursi di DPRD Gorontalo Utara yaitu dua kursi milik Partai Demokrat dan tiga kursi dari Partai Hanura atau total sebanyak lima kursi.

Demokrat dan Hanura berkoalisi mengusung bakal Calon Bupati Roni Imran yang akan didampingi Patamani pada Pilkada 2018.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2018