Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengirimkan tenaga medis untuk mengawal dan mengawasi kesehatan para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di wilayah itu dalam melakukan penghitungan suara Pemilu 2019.

"Pelaksanaan Pemilu 2019 yang dilaksanakan pada 17 April kemarin telah selesai. Tetapi tahapan belum usai, penyelenggara pemilu masih bertugas menyeselesaikan tahapan demokrasi ini," ujarnya di Bone Bolango, Selasa.

Apalagi, kata dia, ada informasi bahwa di luar sukses penyelenggaraan hajatan demokrasi itu, ada kabar duka mengenai meninggalnya sejumlah petugas KPPS dan aparat Kepolisian RI.

"Mereka ada yang kelelahan dan sebab lainnya, ini yang menjadi perhatian kita," ujarnya

Dia mengaku bisa memahami beratnya tugas dan tanggung jawab penyelenggaraan pemilu.

"Saya menginstruksikan agar tenaga medis siap sedia membantu petugas penyelenggara pemilu di kecamatan. Ini untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan tahapan Pemilu 2019 di Kabupaten Bone Bolango," kata dia.

Hamim meminta perhatian kepala Dinas Kesehatan dan kepala puskesmas untuk membantu menjaga kesehatan personel PPK dan KPPS dengan memberikan obat dan vitamin.

"Mereka menghadapi tugas yang sangat berat. Jangan sampai kelelahan yang luar bisa, termasuk juga bisa membantu para saksi parpol," kata dia.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Bolango Meyrin Kadir menyatakan sudah menghubungi semua kepala puskesmas di daerah itu untuk menurunkan tenaga medis masing-masing guna melakukan pelayanan kesehatan terhadap para petugas KPPS.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019