Bupati Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Indra Yasin mengaku optimistis capaian vaksinasi COVID-19 di daerah itu, akan kembali meningkat.

Hal itu ia katakan pada peringatan puncak Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 tingkat kabupaten tersebut, di halaman kantor Dinas Kesehatan setempat pada Selasa sore.

Menurutnya, tugas utama pemerintah daerah saat ini adalah meningkatkan capaian vaksinasi COVID-19 yang mengalami penurunan hingga posisi kelima dari sebelumnya posisi ketiga di provinsi itu.

"Sebelumnya kita berhasil berada di posisi ketiga tingkat Provinsi Gorontalo, namun saat ini harus turun di posisi kelima. Saya berharap, beberapa puskesmas yang mengalami perlambatan dalam pelaksanaan vaksinasi ini dapat kembali bersemangat," katanya.

Apalagi pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di daerah itu, didukung penuh oleh pihak kepolisian, TNI, serta unsur lainnya, bahkan pemerintah desa.

Oleh karena itu, ia berharap, Dinas Kesehatan selaku penanggung jawab teknis pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk tidak kendur semangatnya.

"Jadikan peringatan HKN ini sebagai momentum membangkitkan semangat mencapai target vaksinasi COVID-19, di mana persentase capaiannya telah menyentuh 82,89 persen atau 82.817 sasaran untuk dosis 1, 2, dan 3 di 11 kecamatan tersebar di 15 puskesmas," katanya.

Ia berharap, khusus realisasi dosis 1 yang baru mencapai 51,51 persen atau 51.459 sasaran dapat segera mencapai di atas 70 persen.

"Kita bersatu memacu semangat merealisasikan capaian vaksinasi COVID-19 di daerah ini hingga melampaui target," katanya.

Peningkatan tersebut harus terus digenjot agar tuntas capaian 99.908 sasaran dapat terealisasi.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021