Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo  meningkatkan pengelolaan layanan fasilitas mobil pemadam kebakaran.

"Sebelumnya jika saya berkunjung ke kantor Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran, hanya bisa menjumpai SDM yang ditempatkan. Namun saat ini saya bangga kita telah memiliki 2 unit mobil Damkar," kata Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu di Gorontalo, Minggu.

Olehnya untuk melengkapi fasilitas yang telah dimiliki, Wabup Thariq mengatakan, akan mendorong pengelolaan manajemen pelayanan publik melalui fasilitas tersebut.

Termasuk penataan fasilitas yang ada, penerapan standar operasional prosedur (SOP), juga posisi tempat parkir kendaraan untuk memudahkan layanan, serta menata jalan tempat masuk dan keluar mobil damkar.

Ini penting mengingat layanan damkar sangat berkaitan erat dengan percepatan pelayanan.

"Hitungannya per detik, meski sesungguhnya kita sangat tidak menginginkan adanya musibah kebakaran di daerah ini," katanya.

Namun kesiapan SDM termasuk penguasaan SOP dan operasional mobil damkar juga pemeliharaannya harus benar-benar dikuasai oleh setiap tenaga pemadam kebakaran yang ada.

"Setiap SDM damkar pun akan dioptimalkan agar memiliki kecakapan tentang pengelolaan menghadapi setiap kondisi, termasuk SOP dalam pemberian informasi," imbuhnya.

Pemkab berencana terus menambah jumlah mobil damkar hingga memadai.

Mengingat kondisi geografis kabupaten tersebut dimana jarak antara satu kecamatan dengan lainnya cukup berjauhan termasuk jarak tempuh ke pusat ibu kota kabupaten.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022