Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Gorontalo membangun Pojok Statistik di Perpustakaan Universitas Negeri Gorontalo (UNG) di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Sebagai pembina data statistik, BPS melakukan pembinaan terhadap penyelenggara kegiatan statistik sektoral dan khusus baik di tingkat Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi dan lainnya.

Deputi Metodologi dan Informasi Statistik BPS RI, Imam Bahri di Gorontalo, Jumat mengatakan konsepnya adalah untuk mendekatkan layanan statistik langsung kepada perguruan tinggi maupun masyarakat.

"Sehingga kita ingin mensosialisasikan pemanfaatan data statistik yang benar benar bisa dimanfaatkan oleh perguruan tinggi, akademisi untuk penelitian, untuk skripsi, tesis dan segala macam," ucap dia.

Melalui Pojok Statistik tersebut, BPS ingin melakukan pembinaan pembinaan kepada masyarakat. Dengan mengusung prinsip kolaborasi, sinergi dan bermanfaat, Pojok Statistik digagas dalam rangka menjawab kebutuhan akademisi dan mahasiswa akan statistik.

Layanan yang tersedia pada Pojok Statistik UNG diantaranya, layanan konsultasi, layanan promosi, layanan edukasi statistik serta kegiatan lainnya. Seluruh layanan dapat diakses oleh mahasiswa, dosen maupun masyarakat umum.

Sementara itu, Wakil Rektor IV UNG, Karmila Machmud mengapresiasi peresmian Pojok Statistik yang dibangun di Perpustakaan UNG tersebut.

"Apalagi tagline nya asik, Tempat Asik Belajar Statistik, jadi memang Universitas Negeri Gorontalo bukan hanya kita sekadar untuk keperluan data, tapi yang paling penting adalah edukasi," ucap dia.

Menurutnya, edukasi nya dan literasi nya bermanfaat bagi dosen dan mahasiswa. "Jika mereka mau melakukan penelitian ataupun pengabdian maupun program-program lainnya yang berkaitan dengan data," pungkas dia.
Deputi Metodologi dan Informasi Statistik, Badan Pusat Statistik (BPS) RI, Imam Bahri (kiri) menandatangani peresmian Pojok Statistik di Perpustakaan Universitas Negeri Gorontalo (UNG) di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Jumat (7/10/202). ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022