Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo, Fadlyanto Koem, berharap seluruh panitia pemilihan kecamatan (PPK) yang resmi dilantik untuk Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2024, dapat bekerja profesional.

PPK wajib menjaga integritas, solid dalam kolektif kolegial. Juga berorientasi melayani khususnya dalam melayani peserta pemilu dan pemilih, dengan adil dan setara.

"Serta yang terpenting adalah menjaga moralitas dan kemampuan dalam bekerja profesional," kata Fadlyanto, di Gorontalo, Rabu.

Total jumlah PPK di Provinsi Gorontalo, tersebar di 77 kecamatan sebanyak 385 orang.

Proses pelantikan telah dilakukan oleh ketua KPU di masing-masing wilayah. "Selamat buat seluruh anggota PPK yang telah dilantik," katanya.

Pelantikan tersebut dilakukan sesuai tahapan yang diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 8 tahun 2022, tentang rekrutmen Badan Ad hoc.

PPK kata dia, diharapkan ikut mengedukasi publik dalam menjaga pelaksanaan demokrasi agar berjalan aman, lancar, jauh dari konflik yang dapat merusak tatanan dan nilai-nilai demokrasi di Indonesia, khususnya Gorontalo.

Kita (penyelenggara pemilu) kata Fadlyanto, harus terus memancarkan aura positif dalam pelaksanaan proses demokrasi bahagia.

"Seluruh anggota PPK pun harus ikut serta mewujudkannya melalui kerja-kerja penyelenggaraan pemilu yang benar dan sesuai peraturan yang ditetapkan," imbuhnya.
 
Pelantikan anggota PPK untuk Pemilu serentak Tahun 2024 di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo.(ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023