Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo bersama Bank Sulutgo (BSG) melakukan kerja sama pengelolaan penyimpanan Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) tahun anggaran 2023.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo di Gorontalo, Senin, mengatakan pengelolaan kas umum daerah merupakan bagian dari tata kelola keuangan keuangan menyangkut kegiatan perbendaharaan.

Ia menjelaskan, hal itu diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah nomor 12 tahun 2019 pasal 126.

Dalam rangka pengelolaan uang daerah, pejabat pengelola keuangan daerah selaku bendahara umum daerah membuka kas umum daerah pada bank umum yang sehat.

"Untuk memenuhi ketentuan ini, maka pada tanggal 27 Januari yang lalu, Pemerintah Daerah sepakat untuk kembali menetapkan PT. Bank Sulutgo sebagai bank pengelola kas umum daerah yang sehat melalui penandatanganan kerja sama," kata Nelson.

Pembukaan rekening kas umum daerah, kata Nelson, bertujuan untuk menata uang daerah, meliputi seluruh penerimaan dan pengeluaran daerah.

Dengan ditunjuknya BSG selaku pengelola, diharapkan dapat menciptakan keamanan, kemudahan, transparansi dan akuntabel dalam pengelolaan uang daerah melalui jasa perbankan yang profesional.

Pengelolaan dana yang cukup besar itu ucap Nelson, membutuhkan kesiapan dan sumber daya yang memadai, juga dukungan dari berbagai pihak.

Terkait pengembangan teknologi dan sistem informasi, digitalisasi perbankan maupun penyesuaian dengan berbagai regulasi harus terus dilakukan.

"Kami berharap bahwa semua ini agar tidak menjadi hambatan dan dapat segera ditindaklanjuti sebagai wujud komitmen PT. Bank Sulutgo untuk memberikan pelayanan yang lebih baik ke depan," kata dia.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023