Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo mengharapkan masyarakat memberi dukungan pada tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih untuk Pemilu 2024.

"Kami telah menggelar apel kesiapan secara serentak untuk pelaksanaan coklit oleh panitia pemutakhiran data pemilih (pantarlih) di seluruh kecamatan yang tersebar di Kabupaten/Kota se-Gorontalo," kata Ketua KPU Provinsi Gorontalo, Fadlyanto Koem, di Gorontalo, Minggu.

Ia mengatakan petugas Pantarlih didampingi PPS, PPK dan panitia pengawas (Panwas) akan mengunjungi rumah-rumah penduduk., sehingga diharapkan masyarakat bisa menyambut dengan baik dalam mendukung suksesnya pemilu serentak tahun depan.

Ia menjelaskan setelah membentuk badan adhoc penyelenggara Pemilu 2024 yaitu Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), serta selanjutnya pantarlih yang membantu KPU Kabupaten/Kota, PPK, dan PPS untuk penyusunan daftar pemilih dan pemutakhiran data pemilih melalui tahapan coklit mulai 12 Februari hingga 14 Maret 2023.

"Petugas pantarlih bertugas mencocokkan dan meneliti data pemilih, memberikan tanda bukti terdaftar kepada pemilih, menyampaikan hasil pencocokan dan penelitian kepada PPS," ujarnya.

Selain itu, kata dia, juga melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh KPU, KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota, PPK, dan PPS sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Ia menjelaskan pantarlih berkewajiban melakukan koordinasi untuk membantu PPS, dan menyusun daftar pemilih hasil pemutakhiran terkait laporan pelaksanaan pencocokan dan penelitian.

Ia berharap masyarakat agar menerima dengan baik kedatangan petugas pantarlih di setiap rumah, untuk menyukseskan data pemilih pemilu serentak tahun 2024.
KPU menggelar apel kesiapan Pantarlih Pemilu Serentak Tahun 2024 di Provinsi Gorontalo di Gorontalo, Minggu (12/2/2023). ANTARA/HO-KPU Gorontalo

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023