Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Gorontalo mulai membentuk pengurus koperasi Dekranasda dan pengurus Asosiasi Pengusaha dan Perajin Industri Karawo (APPINKA) Provinsi Gorontalo.

Pembentukan pengurus dimulai dengan pelaksanaan rapat persiapan pembentukan asosiasi yang dipimpin Ketua Dekranasda Drg Gamaria Purnamawati Monoarfa di Rumah Dinas Wakil Gubernur, Kota Gorontalo.

"Kami membentuk tiga tim formatur yang terpilih untuk menjadi cikal bakal Ketua APPINKA yakni Gilbert Badzuka dari G-karawo, Nining dari Wumula Karawo, dan Kalsum Dunda dari Sumber Usaha Karawo. Untuk Pembentukan ini saya minta kepada APPMI dan anggotanya untuk tolong dibantu para perajin karawo. Kalian tidak usah takut dengan pembentukan asosiasi ini karena kita akan selalu bekerja sama," kata Gamaria, di Gorontalo, Jumat.

Isteri Gubernur Gorontalo itu tidak menginginkan adanya kesenjangan antara para perajin dan pengusaha karawo. Untuk itu ia meminta saling bersinergi dan kolaborasi antara keduanya.

Mengingat pembentukan asosiasi ini juga, kata Gamaria, sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan perajin karawo.

"Pada kesempatan ini saya juga berharap untuk APPMI (Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia) bisa ikut dalam koperasi Dekranasda, begitu juga dengan perajin untuk dapat memanfaatkan koperasi," kata Gamaria.

Rapat persiapan pembentukan pengurus Koperasi dan APPINKA ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kumperindag Risjon Sunge, Pengurus APPMI Provinsi Gorontalo, Pengurus dan Pengawas Koperasi Dekranasda.

APPINKA sendiri rencananya akan diresmikan melalui akta notaris dalam waktu dekat.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023