Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya meminta masyarakat untuk memanfaatkan layanan konsultasi psikologi secara daring yang disiapkan pemerintah provinsi setempat.

"Kita dorong layanan konsultasi psikologi online (daring) untuk dimanfaatkan masyarakat dengan cara terus memublikasikannya di ruang publik," kata dia di Gorontalo, Selasa.

Layanan ini, katanya, secara gratis dan telah diluncurkan pada 25 Agustus 2023 melalui Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo. Sejak itu, telah ada 12 orang yang menggunakannya.

"Tadi saya lihat layanan psikolog online ini sudah dimanfaatkan oleh 12 orang. Ini menunjukkan progres yang baik karena sudah ada yang mau berkonsultasi terkait permasalahan yang dihadapi," kata dia.

Ia meminta layanan ini terus dipublikasikan agar dapat dimanfaatkan masyarakat.

Layanan yang disiapkan tersebut agar dipublikasikan ke seluruh kabupaten dan kota, di samping melakukan rapat konsolidasi antara Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo serta kabupaten/kota.

Hasil pantauan dari Dinas Kesehatan Provinsi, 12 orang yang telah menggunakan layanan tersebut, terdiri atas 11 orang kalangan remaja dan dewasa, serta satu orang masih di bawah umur 15 tahun.

Hal ini diharapkan Gubernur  Ismail Pakaya dapat membantu masyarakat yang menemui kesulitan dengan cara bercerita kepada para psikologi yang telah disiapkan.

"Insyaallah dengan layanan ini sudah tidak ada masyarakat yang mau (bunuh diri, red.). Semuanya bisa berbesar hati menghadapi permasalahan hidup masing-masing," katanya.

Pemprov Gorontalo telah menyiapkan lima orang sarjana psikologi profesional pada layanan konsultasi tersebut.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023