Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu di Gorontalo, Kamis, menyerahkan bantuan rumah sejahtera program Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kepada warga yang berhak menerima zakat di Dusun Botongo, Desa Dudepo, Kecamatan Anggrek, .

"Baznas menyisir warga kurang mampu atau fakir miskin yang berhak mendapatkan bantuan ini," kata Bupati Thariq didampingi Anggota DPRD Lukum Diko dan Ketua Baznas Kabupaten Rahmat Kasim, saat berada di dusun yang ada di desa kepulauan itu.

Bupati Thariq didampingi jajaran melakukan peletakan batu pertama sebagai tanda rumah bantuan tersebut mulai dibangun.

Ia mengatakan sangat mengapresiasi program Baznas yang bersinergi dengan pemerintah daerah dalam upaya mengentaskan kemiskinan, khususnya membantu masyarakat kurang mampu mendapatkan hunian layak dan sehat.

Baznas, kata dia, mampu menyalurkan dana zakat yang telah dikumpulkan baik dari para Aparatur Sipil Negara (ASN) serta warga mampu atau para wajib zakat.

Ia berharap program bantuan rumah sejahtera dapat lestari dan mampu menekan jumlah rumah tidak layak huni di daerah itu. 

Menurutnya, bantuan rumah sejahtera sangat membantu keluarga penerima yang hanya bermukim di rumah beratap rumbia, berdinding jelaga, dan berlantai tanah. Beberapa di antara indikator yang menjadi syarat menerima bantuan tersebut.

"Kami mengapresiasi kinerja pihak Baznas dan saya berharap program ini menyasar keluarga penerima yang berhak dan tersebar di 11 kecamatan sebagai upaya mendorong kesejahteraan agar mereka dapat lebih fokus meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga untuk pemenuhan kebutuhan hidup selain hunian layak," katanya.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023