Komisi Informasi Daerah (KID) Provinsi Gorontalo menggelar Monitoring dan Evaluasi (Monev) Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tahun 2023.

Kepala Dinas Kominfo dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Gorontalo Rifli Katili di Gorontalo, Senin, mengatakan komisioner KID telah menggelar rapat koordinasi persiapan Monev KIP bersama pihaknya yang berlangsung di Kota Gorontalo.

Rapat tersebut, kata dia, membahas objek monev dan tahapan pelaksanaan.

Ia meminta evaluasi keterbukaan informasi publik dilakukan secara serentak untuk semua instansi vertikal dan pemerintah kabupaten serta kota.

"Surat ke instansi vertikal dan kabupaten/kota disertai tahapan dan hal teknis yang ingin mereka ketahui sehingga pada sosialisasi (pertemuan Zoom, red.) mereka tahu apa yang ditanyakan," kata dia.

Ia mengingatkan Monev KIP 2023 hanya memiliki waktu efektif sekitar 45 hari kerja.

Oleh sebab itu, KID selaku tim penilai, dibantu oleh Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik (PIKP) Diskominfotik Provinsi Gorontalo terus berkoordinasi dan disiplin terhadap setiap tahapan yang disepakati.

"Kita buat grup (WhatsApp, red.) internal terkait monev. Berikutnya buat susunan kegiatan tahapan, karena ini efektifnya hanya sekitar 45 hari. Kita harus punya rencana kerja,” kata Rifli.

Objek Monev KIP 2023 untuk semua instansi vertikal, kementerian/lembaga yang ada di Provinsi Gorontalo, termasuk mengevaluasi enam pemerintah kabupaten/kota.

Tahapan pelaksanaan Monev KIP 2023, pada 3-6 Oktober 2023 diawali dengan Surat Pemberitahuan Monev KIP 2023 oleh KID ke semua instansi vertikal dan pemerintah kabupaten/kota.

Pada 10 Oktober 2023 dilakukan pertemuan Zoom untuk semua badan publik yang dinilai dengan agenda sosialisasi.

Selanjutnya, pada 13 Oktober hingga 4 November 2023, sebagai waktu yang diberikan untuk semua badan publik melakukan pengisian kuesioner secara daring. Pada 5-15 November 2023 tahapan penilaian kuesioner yang telah masuk.

Bagi badan publik yang memiliki nilai di atas 80 persen dari total nilai kuesioner akan lanjut ke tahap kunjungan dan verifikasi faktual pada 16-28 November 2023.

Penilaian diakhiri dengan presentasi pimpinan badan publik pada 29-30 November 2023.

Badan publik dengan predikat menuju informatif dan informatif, akan diberikan Diskominfotik Award 2023. Pemberian penghargaan bagi insan komunikasi, informatika, dan statistik, rencananya digelar pada 7 Desember 2023.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023