Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Petani di Kecamatan Tolinggula, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, menerima bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) dari pemerintah daerah, diserahkan langsung Bupati Indra Yasin melalui brigade pertanian.

Bupati Indra, di Gorontalo, Rabu, mengatakan, bantuan tersebut berupa 25 unit traktor tangan bernilai Rp700 juta, 1 unit traktor senilai Rp450 juta serta 1 unit alat tanam padi roda empat senilai Rp70 juta.

Tahun ini kata Indra, pemerintah daerah menerima anggaran sebesar Rp30 miliar untuk pengadaan alat-alat dan mesin pertanian.

Termasuk 150 unit traktor tangan, 11 unit traktor dan bantuan alsintan lainnya yang disebar di 11 kecamatan.

Pemerintah daerah optimistis bantuan tersebut dapat mendorong peningkatan produksi pertanian, khususnya komoditas unggulan yaitu beras dan jagung.

Indra juga menilai, kucuran pemerintah pusat khususnya Kementerian Pertanian merupakan keberhasilan pemerintah daerah dan masyarakat dalam melakukan komunikasi untuk peningkatan bantuan ke daerah ini.

Aparat kecamatan diminta intensif berkomunikasi dengan unsur Kepolisian, TNI, pemerintah desa dan seluruh kelompok tani untuk pemanfaaatan alsintan.

Mengingat secara teknis, pemanfaatannya diserahkan melalui brigade pertanian agar bisa digunakan merata oleh seluruh petani.

Camat Tolinggula Yosfin Dangkua mengatakan, pihaknya segera membentuk brigade pertanian agar petani segera memanfaatkan seluruh alsintan pada musim tanam ini.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016