Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo Haris S. Tome mengatakan Proyek Perubahan Transparansi dan Akuntabilitas Keuangan Partai Politik (TAKAR) yang digagas oleh Kepala BKAD Hariyanto Manan meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan partai politik di daerah. 

Menurutnya, proyek itu sangat relevan dan tepat waktu, terutama di tengah semakin meningkatnya tuntutan publik akan transparansi dan akuntabilitas, khususnya dalam pengelolaan keuangan partai politik yang sering kali menjadi sorotan masyarakat.

"Transparansi dan akuntabilitas bukan hanya sekadar jargon, tetapi merupakan pondasi utama dalam tata kelola pemerintahan yang baik. Proyek TAKAR  diharapkan dapat memberikan contoh nyata bagaimana pengelolaan keuangan yang baik dapat dilakukan secara terbuka, jujur, dan bertanggung jawab," ujar Haris, Kamis.

Lebih lanjut, Haris menekankan pentingnya kolaborasi antara berbagai pihak untuk menyukseskan proyek tersebut.

"Keberhasilan proyek TAKAR tidak hanya bergantung pada BKAD, tetapi juga memerlukan dukungan penuh dari semua pihak, termasuk partai politik itu sendiri, masyarakat, serta lembaga pengawas seperti BPK. Dengan bekerja bersama, saya yakin kita bisa mewujudkan pengelolaan keuangan yang lebih transparan dan akuntabel," ujar dia.

Dia berharap, proyek itu tidak hanya berhenti pada tahap implementasi, tetapi terus dievaluasi dan dikembangkan, agar tetap relevan dengan dinamika kebutuhan masyarakat dan perkembangan teknologi.

"Saya berharap TAKAR bisa menjadi pilot project yang kemudian diadopsi oleh daerah lain, sehingga kita bisa membangun kepercayaan publik yang lebih kuat terhadap pemerintah," tutupnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024