Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo menggelar bimbingan teknis (bimtek) penggunaan aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi Suara (Sirekap) dipusatkan di Kota Gorontalo.

Anggota KPU Provinsi Gorontalo sekaligus ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Roy Hamrain di Gorontalo, Minggu mengatakan bimtek diberikan kepada panitia pemilihan kecamatan (PPK) se-Gorontalo.

Aplikasi Sirekap katanya, akan digunakan sebagai alat dukung untuk menunjang proses rekapitulasi penghitungan suara pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 di hari pemungutan suara 27 November nanti.

"Penguasaan terhadap penggunaan aplikasi Sirekap oleh para PPK perlu dimiliki," katanya.

Olehnya tujuan bimtek Sirekap agar seluruh penyelenggara khususnya di tingkat kecamatan hingga tempat pemungutan suara (TPS) perlu melakukan uji coba atau simulasi untuk pengoperasian Sirekap.

Termasuk memastikan nantinya bagaimana transfer pengetahuan berkaitan dengan proses penggunaan aplikasi Sirekap kepada jajaran tingkat panitia pemungutan suara (PPS) dan kelompok panitia pemungutan suara (KPPS) yang akan bertugas pada hari pemungutan suara nanti.

Roy mengatakan PPK juga dilatih melalui simulasi dan uji coba internal terhadap sistem Sirekap Mobile dan Sirekap Web yang sudah disiapkan oleh tim pusat data dan informasi (Pusdatin) untuk perbaikan dan pengembangan Sirekap yang akan digunakan pada Pilkada 2024.

"Kami meyakini bimtek ini efektif dalam meningkatkan pengetahuan seluruh penyelenggara pemilihan se Provinsi Gorontalo untuk mewujudkan pilkada sukses dan lancar," imbuhnya.
 
Anggota KPU Provinsi Gorontalo sekaligus ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Roy Hamrain dalam bimtek penggunaan aplikasi Sirekap kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Gorontalo. ANTARA/HO-Humas KPU Provinsi Gorontalo.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024