Anggota DPRD Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Matran Lasunte, di Gorontalo, Selasa, menyoroti pemanfaatan aset daerah tersebut.

Aset dimiliki untuk dimanfaatkan, apalagi keberadaannya ada yang bersumber dari anggaran daerah, juga dari hibah, namun pemanfaatannya dipastikan penting dalam menunjang kinerja dan tata kelola pemerintahan daerah.

"Maka perlu mendata dan merawatnya dengan baik agar pemanfaatannya dalam jangka waktu lama," ujar Matran.

Beberapa aset daerah kata dia, seperti kendaraan dinas operasional, hanya terparkir dengan alasan rusak bahkan ada yang terparkir namun pemanfaatannya kurang maksimal.

"DPRD berharap, pemerintah daerah perlu maksimal melakukan pendataan dan perawatan aset, agar keberadaannya tidak sekedar menjadi pajangan," ucap politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu.

Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari pihak Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) kata dia, tidak hanya terfokus pada hasil pengelolaan keuangan saja, namun pengelolaan aset pun menjadi bagian penting.

DPRD berharap tambahnya, predikat WTP menjadi motivasi untuk pemerintah daerah dalam memaksimalkan penataan aset, khususnya kendaraan dinas operasional agar tepat pemanfaatannya.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019