Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo meluncurkan pembuatan akta kelahiran secara dalam jaringan (daring).

Wakil Bupati Bone Bolango Mohamad Kilat Wartabone di Gorontalo, Senin, mengatakan saat ini untuk mengurus dokumen kependudukan, salah satunya akta kelahiran anak, masyarakat tidak perlu lagi datang ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

"Dinas Dukcapil Bone Bolango telah meluncurkan inovasi baru, yakni pengurusan dan pembuatan akta kelahiran secara daring," ujarnya.

Ia pun memberikan apresiasinya terhadap inovasi yang dilakukan oleh Dukcapil Bone Bolango tersebut. Ia berharap hadirnya inovasi itu menjadi salah satu upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan cakupan pencatatan akta kelahiran di daerah tersebut.

“Saya berharap upaya dan inovasi akta kelahiran daring ini bisa meningkatkan pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil bagi masyarakat makin mudah dan cepat," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Dukcapil Bone Bolango Oktavianus Rahman mengatakan, peluncuran pelayanan daring merupakan bagian dari inovasi yang ada di Dukcapil dan menjadi yang pertama di Provinsi Gorontalo.

Menurut dia, masyarakat dapat mengakses layanan akta kelahiran tersebut melalui website https://layananonline.dukcapil.kemendagri.go.id/.

"Layanan akta kelahiran ini bisa memudahkan masyarakat. Mereka tidak perlu repot harus bolak-balik mengurus ke kantor Disdukcapil," jelas mantan Kepala Bagian Humas Setda Kabupaten Bone Bolango itu.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019