Sebanyak 36 perusahaan turut berpartisipasi pada pelaksanaan Job Fair Gemilang 2019 di halaman kantor Bupati Gorontalo, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo di Gorontalo, Senin, mengatakan pelaksanaan kegiatan itu adalah salah satu upaya pemerintah daerah bersama Kementerian Tenaga Kerja untuk menurunkan angka pengangguran.

"Pemerintah ingin mengidentifikasi tenaga-tenaga yang dibutuhkan mereka para perusahaan-perusahaan, serta apa saja masalah yang terjadi, sehingga menjadi sebuah evaluasi agar ke depan bisa disiapkan lebih baik lagi," ujarnya.

Ia mengaku jika ke depan Pemerintah Kabupaten Gorontalo akan mendorong pendidikan non formal seperti BLK, SKB di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta unsur lainnya.

Menurut Nelson banyak masyarakat yang membutuhkan lowongan kerja, namun tidak memiliki kemampuan atau satu keahlian sehingga sangat sulit mendapatkan pekerjaan.

"Olehnya untuk tahun ini khususnya melalui Job Fair, dari kurang lebih 2 ribu pelamar kerja, diharapkan ada seribu yang akan terakomodir, sehingga angka pengangguran yang ada semakin menurun," bebernya.

Sementara itu, Sekertaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Hikmat Nurhayat, menjelaskan kegiatan itu menyediakan kurang lebih 1.535 pekerjaan dari 36 perusahaan.

"Perusahaan itu terdiri dari, perhotelan, perbankan, retail, pabrik, dealer, outsoruching, distributor, TKI, pertelevisian, rumah makan dan koperasi," ucap Hikmat.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2019