Bupati Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Thariq Modanggu, mengikuti pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih untuk pemilihan umum (pemilu) serentak tahun 2024.

"Alhamdulillah saya sudah didatangi tim coklit atau panitia pendaftaran pemilih (pantarlih) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten ini. Saya memberi apresiasi dan mendukung kinerja penyelenggara pemilu. Semoga tahapan ini berjalan lancar dan sukses," kata Thariq, di Gorontalo, Jumat.

Ia mengaku, memberi dukungan terhadap kinerja KPU maupun Badan Ad Hoc di bawahnya yang telah melaksanakan pemutakhiran data pemilih dengan capaian yang sangat baik, bahkan disebut persentase tertinggi di Provinsi Gorontalo.

"Dalam 11 hari, pelaksanaan coklit telah mencapai 98 persen sesuai penyampaian pihak KPU. Ini kinerja yang sangat baik mampu dilaksanakan tim pantarlih di 123 desa tersebar di 11 kecamatan. Capaian yang sangat luar biasa. Dan pemerintah daerah sangat mengapresiasi pelaksanaan tahapan pemutakhiran daftar pemilih yang akan dilaksanakan dalam waktu 2 bulan," katanya.

Ketua KPU Gorontalo Utara, Munawir Ismail, mengatakan, capaian coklit di daerah ini telah mencapai 98 persen.

"Kami salut dengan kerja tim pantarlih di seluruh desa. Beberapa harus menghadapi medan yang sangat ekstrem seperti menyeberangi sungai tanpa alat transportasi, mendaki gunung menjangkau wilayah pelosok, bahkan mengakses pemilih di wilayah kepulauan saat musim angin barat melanda. Tantangan yang sangat luar biasa namun bisa dijalankan dengan baik. Hasilnya, hanya dalam 11 hari telah mencapai 98 persen realisasi coklit," sebutnya.

Ini capaian tertinggi se-Provinsi Gorontalo. Dan mampu tercapai berkat kerja keras dan sinergi panitia pemilihan kecamatan (PPK), panitia pemungutan suara (PPS), dan tim pantarlih.

Munawir bersama komisioner KPU lainnya, ikut memantau coklit yang dilaksanakan tim pantarlih di rumah jabatan Bupati Gorontalo Utara.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023