Sebanyak 95 warga binaan pemasyarakatan (WBP) mengikuti refleksi akhir tahun menyambut Tahun Baru 2024 di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Gorontalo di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Ahad malam.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Gorontalo Bagus Kurniawan mengatakan kegiatan itu dilakukan agar warga binaan dapat melihat refleksi diri dari tahun sebelumnya ke Tahun 2024.

"Menggugah untuk membangun di Tahun 2024 dengan keniscayaan dengan semangat dan menjalani pidana dengan baik dan tidak melanggar aturan," ucap Bagus.

Melalui kegiatan yang turut dihadiri oleh para petugas Lapas, Kepala Divisi Pemasyarakatan ingin para petugas dapat melakukan pekerjaan dengan baik dan mentaati peraturan yang berlaku.

"Alhamdulillah, respons dari seluruh warga binaan sangat baik, walaupun kegiatan ini dilakukan pada malam hari. Namun refleksi ini membuat aura positif dari mereka muncul, dan pembinaan seperti ini baru pertama kali dilakukan," ujar Bagus.

Bagus berharap setelah kegiatan itu, para warga binaan memiliki semangat untuk melaksanakan pembinaan di dalam Lapas dengan baik, tidak terpuruk dengan keadaan psikologis mereka selama menjalani masa pidana.

"Mereka ini adalah perempuan yang memiliki anak dan suami, otomatis keadaan psikologis mereka akan berbeda dengan para narapidana pria, oleh karena itu dilakukan sentuhan kemanusiaan," kata dia, lagi.

Sementara itu, salah seorang warga binaan Tania merasa tersentuh dengan kegiatan yang dibawakan langsung oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Gorontalo itu.

"Saya sempat menangis dan merasakan perubahan sedikit dan akan menjadi lebih baik," kata dia.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024