Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo Sofyan Jakfar meminta masyarakat untuk menunggu hasil resmi penghitungan perolehan suara Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2024 di daerah itu.

"Saat ini rekapitulasi penghitungan perolehan suara sementara berlangsung di tingkat kecamatan atau panitia pemilihan kecamatan (PPK). Kami berharap masyarakat untuk bersabar menunggu hasil resmi dari kegiatan rekapitulasi tersebut," kata Sofyan di Gorontalo, Minggu.

Ia berharap masyarakat bersabar dan tidak percaya dengan angka-angka yang tersebar dimana-mana khususnya di platform media sosial.

"Percayakan saja proses ini ke KPU selaku penyelenggara yang sementara melakukan rekapitulasi tersebut. Nanti setelah hasilnya ditetapkan pasti secara resmi akan diumumkan," katanya.

Pihaknya kata Sofyan pula, sementara melakukan pengawasan jalannya rekapitulasi penghitungan perolehan suara tersebut yang digelar serentak di seluruh kecamatan.

Rekapitulasi ini dilakukan secara berjenjang, dengan tetap memerlukan peran seluruh penyelenggara terkait.

Ia mengimbau penyelenggara yang sementara bekerja agar tetap semangat dan menjaga stamina mengingat kegiatan tersebut akan berlangsung dalam beberapa hari ke depan.

"Jika ada yang merasa lelah agar beristirahat dan tidak memaksakan diri. Saya tidak ingin jumlah penyelenggara yang sakit karena kelelahan akan bertambah," imbuhnya.

Dukungan Sofyan selaku Ketua KPU terus diberikan kepada seluruh penyelenggara tersebar di 11 kecamatan untuk senantiasa memperhatikan makan dan minum dalam menuntaskan tugas-tugas yang diemban.

Tercatat 50 orang penyelenggara pemilu di daerah itu mengalami sakit karena kelelahan. Ada yang dirujuk ke rumah sakit untuk menjalani rawat inap.
 
Rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat PPK di Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo. ANTARA/Susanti Sako.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2024