Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, Senin di Gorontalo mengatakan, pembangunan infrastruktur jalan "by pass" sepanjang 9,5 kilo meter (km) sangat menunjang kemajuan daerah.

Diakuinya, dana pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2016 sebesar Rp80 miliar akan tersedot untuk merealisasikan infrastruktur tersebut.

Di era pemerintahan yang dipimpin Bupati Rusli Habibie tahun 2008-2011, pembangunan jalan "by pass" tersebut sudah dirintis.

Sehingga pemerintah daerah saat ini menilai penting dan layak untuk meneruskan pembangunannya, mengingat jalan tersebut akan menunjang kemajuan perekonomian daerah.

Gorontalo Utara berada di jalur Trans Sulawesi, sehingga sangat penting membangun jalan "by pass" yang akan difokuskan sebagai sarana transportasi khusus angkutan barang antar kota, kabupaten maupun provinsi.

"By pass" dari wilayah Moluo ke Pontolo Kecamatan Kwandang tersebut pun ditargetkan menjadi ikon daerah ini.

Rencananya, kendaraan bermuatan barang, produk-produk perikanan dan kelautan, komoditi pertanian maupun aktivitas perekonomian lainnya, akan diarahkan melalui jalur "by pass" tersebut.

"Tidak bercampur dengan aktivitas transportasi publik khusus angkutan umum antar kota dalam provinsi," ujar Indra.

Pemerintah daerah berharap, masyarakat mendukung kebijakan pembangunan infrastruktur yang akan menunjang aktivitas perekonomian di daerah ini.

Harsono Demanto, warga Kecamatan Kwandang berharap, peningkatan infrastruktur jalan dan jembatan di daerah ini, menjangkau kepentingan publik yang lebih luas.

Seperti pembangunan jalan di ruas Pontolo Indah, agar pemerintah daerah mempercepat tahapan "cuttingan" jalan berbukit terjal tersebut yang rawan kecelakaan lalu lintas.

"Banyak truk bermuatan terguling di ruas jalan ini, sehingga pembangunan "by pass" diharapkan dilanjutkan dengan pembangunan ruas jalan Pontolo Indah. Apakah akan meningkatkan kondisi jalan agar tidak lagi terjal ataukah membuat jalur baru yang akan lebih mengamankan pengguna jalan Trans Sulawesi ini," ujarnya.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016