Rabu, 18 Oktober 2017

8 cara bebas dehidrasi tanpa air selama Ramadhan

id 8 cara bebas dehidrasi tanpa air selama Ramadhan
8 cara bebas dehidrasi tanpa air selama Ramadhan
Semangka (Pixabay)
Jakarta (ANTARA GORONTALO) - Air mineral memang senjata utama dalam menumpas dehidrasi, tapi ada beberapa alternatif untuk menjaga hidrasi tubuh tanpa menenggak H20. Apalagi bila rasanya begah kalau harus minum bergelas-gelas air.

Berikut adalah delapan cara menjaga hidrasi tubuh bila bosan minum air mineral, seperti dilansir Gulf News.

1. Makan semangka


Semangka terdiri atas 92 persen air dan 8 persen buah. Cairan di dalam semangka mengandung garam, kalsium dan magnesium, komponen sempurna untuk mengisi cairan tubuh setelah berpuasa seharian. 

2. Susu

Minuman putih pekat ini bisa jadi pengganti air mineral. Makan semangkuk sereal ditambah susu saat iftar. Kita semua tahu susu mengandung kalsium, tapi susu rendah lemak atau susu cokelat adalah pilihan tepat menjaga level hidrasi tetap tinggi sepanjang hari. Susu juga minuman yang baik untuk dikonsumsi setelah olahraga.

3. Makan sup saat iftar

Sup adalah makanan pembuka yang penting saat iftar. Lebih baik santap sup bening ketimbang sup creamy. Makan sup saat iftar akan meningkatkan kadar air dan energi dalam tubuh.


4. Smoothie


Pilih beberapa buah yang mengandung kadar air tinggi, misalnya jeruk, semangka, apel, nanas dan mangga, kemudian blender semuanya jadi smoothie. Sebagai pengganti yogurt atau susu, tambahkan air dan es batu. Smoothie membuat tubuh tetap terhidrasi lebih lama. Jika membuat dalam porsi banyak, Anda bisa minum sisanya untuk sahur.


5. Hindari makanan asin

Memang sulit dipraktikkan, tapi makanan asin bisa membuat tubuh dehidrasi, hal yang harusnya dihindari selama puasa. Setiap hari, tubuh hanya butuh garam dalam jumlah sedikit yang bisa didapatkan secara alami dari sayuran dan sebagian buah. Jadi, coba hindari dulu makanan yang digoreng, misalnya kentang goreng atau burger yang menggiurkan. Sebagai gantinya, minum saja air kelapa, potongan apel atau wortel.


6. Kunyah dedaunan


Salad adalah pilihan yang tak kalah baik untuk berbuka puasa. Tambahkan timun dan tomat untuk menambah asupan air ke dalam tubuh.

7. Pelembab

Ketika baru bangun tidur, coba pastikan kulit tetap segar dan tidak dehidrasi dengan mengoleskan pelembab. Waktu terbaik adalah setelah mandi pagi dan sebelum tidur. Jika harus keluar rumah, jangan lupa pakai tabir surya untuk "mengikat" pelembab.

8. Jangan sering-sering cuci muka 

Mungkin Anda berpikir mengusapkan air ke kulit adalah cara menghindari hidrasi. Memang benar, yang penting tidak berlebihan. Sebab, mencuci wajah terlalu sering bisa menghapus minyak alami di wajah dan membuat kulit semakin dehidrasi. Jika sering mencuci muka, pastikan untuk mengoleskan pelembab secara berkala agar kulit tetap lembab dan segar.

Editor: Hence Paat

COPYRIGHT © ANTARA 2017